Friday, June 18, 2010

Error 34 minutes remining waktu install Windows Server 2003

MAAAAAAAN... this is really nuts!

Beberapa waktu yang lalu (gak terlalu lama - belum ada sebulan) - saya membeli komputer untuk server; Processor Intel Core 2 Quad Q8400 (2.66GHz, FSB 1333MHz, L2 Cache 4MB) dengan mo-bo Gigabyte GA-G41M-52L.

... dan waktu saya install Windows Server 2003 (masih 32bit) --- SELALU HANG saat 34 min remaining. Berkali-kali dicobain; gagal terus. Yang terakhir malah saya biarkan hang sampai 45 menit. Tapi si komputer tetap hang.

Support Microsoft seperti biasa tidak membantu. Mereka bilang itu karena driver SATA2 harus di load dulu. Dan untuk me-load, perlu punya driver SATA2 DALAM BENTUK floopy disk! HAAAH?!!! Bweeeek.... floppy disk! dimana kita bisa mencari floppy disk sekarang? Tidak bisa pakai CD ROM/DVD karena 'sudah by design'. Kalau mau pakai CD, driver SATA2 harus di-inject dengan mendownload program (bla-bla-bla... bingung deh pokoknya). Kalau mau mengerjakan sendiri, silahkan lihat article KB sekian-sekian.... (makin bingung).

Dalam keputusasaan, saya coba untuk menginstall Windows XP dulu, baru rencana-nya upgrade ke Windows Server. Harapan saya, semoga driver SATA yang diinstall di XP akan bisa dimanfaatkan oleh program setup Windows Server 2003. Ternyata masih gagal.

Jalan-jalan ke internet juga menghasilkan hasil yang hampir sama. Rata-rata bilang error di menit ke-34 itu karena hardware; berarti SATA2 juga yang jadi masalah. Nah, tapi ada satu forum, yang bilang bahwa itu karena setup Windows 2K3 ada masalah dengan keyboard USB lama! Na lho! Saya masih  pakai keyboard favorite saya -- dan memang betul. Ini keyboard USB lama. Iseng-iseng, saya ganti dengan keyboard PS/2, dan... JALAN! Normal tanpa hang.

Thank God... But this is really NUTS! Cuma gara-gara salah keyboard -- habis waktu sampai 6 jam! Semoga ini bisa membantu Anda; Kalau Anda menginstall Windows dan hang -- terutama saat 34 minutes remaining... cobalah ganti keyboard.

6 comments:

BR. Oktafianto said...

Masa nilai project miliaran ..keyboardnya masih jadul ??

poison said...

untung aja kagak ada yang kasih masukan buat ganti Keyboard YAMAHA. he..he..he..he..

Foxy said...

@BR. Oktafianto: He-he-he... belum Pak... belum miliaran... :D Keyboard jadul karena memang posisi-nya enak untuk ngetik 10 jari.

@poison: kalau waktu itu ada yang ngasih usul, mungkin aku jalanin. Ha-ha-ha... udah bingung banget waktu itu. Ternyata..... :D

aRtHuR said...

permisi .. mo minta bantuan.. apakah foxy punya contoh program kamus menggunakan foxpro?
saya dapet tugas dari dosen untuk membuat kamus mandarin menggunakan foxpro .. disertai dengan login screen.. saya cari di google gak ketemu" .. bisa bantu saya?

aRtHuR said...
This comment has been removed by the author.
aRtHuR said...

cliff.wilfrits@gmail.com
itu email dan FB saya ... mohon bantuannya .. thx