Thursday, February 03, 2005

Beli Original atau versi Pasar Minggu?

Di forum fox-id (http://www.fox-id.com) baru saja ada post dari nyolik yang mengatakan bahwa VFP9 yang sudah tersedia di 'toko-toko kesayangan'. Sebelumnya, mztolo juga sudah secara halus menginformasikan hal ini dengan mengatakan 'saran dari mBah Dukun' untuk 'silahturahmi' ke Mangga Dua. Maksudnya saya yakin sudah jelas; VFP9 bajakan sudah tersedia, rekan-rekan yang berminat silahkan mencari sendiri.

Terus terang saya juga membeli VFP9 versi Mangga Dua. Saya rasa dua minggu yang lalu. Saya gak duga akan secepat ini launching di Indonesia. Waktu versi 8 dulu, rasanya waktunya agak lama (mungkin sekitar 5 atau 6 bulan). Saya memang baru mau beli VFP9 original bulan depan. Maklum, bulan ini pengeluaran sangat banyak karena masukin anak ke TK (blog lain untuk itu). Mungkin Anda bertanya, "Ngapain beli original, kalau udah punya bajakan?". Nah, saya punya argumen begini: saya adalah software developer. 'Gak tau kapan, tapi ada kemungkinan suatu saat sweeping software akan sampai ke saya. Kalau saat itu tiba, saya tidak mau kedapatan dengan software bajakan. Jadi, ya terpaksa saya harus membeli VFP9 original. Yah, punya deh, minimal satu. Operating system udah punya yang original - bawaan dari laptop saya. Office XP, waktu itu juga terpaksa beli. Pokoknya minimal laptop saya software-nya original semua (atau freeware). Jadi kalau kerja tenang.

Anyway, dengan beli bajakan, sebenarnya ada minus-nya juga lho:
1) Semangat untuk belajar tidak maksimum, karena toh harga software-nya murah. Kalaupun gak dipelajari ("yah, someday-lah"), juga gak rugi-rugi amat. Karena itu, perlu untuk menyadari apa yang ada di tangan kita (sulitnya; tidak mudah menyadari kalau harga software-nya cuman 25,000). Kesempatan dengan harga yang murah! Manfaatkanlah kesempatan ini untuk belajar. Meminjam istilah mztolo: NSL - Non Stop Learning.
2) Hati-hati. Dengan membeli bajakan (=beli software murah), jangan sampai mengurangi kepercayaan diri kita untuk menjual software dengan harga tinggi. Jangan sampai menciptakan mental 'menyetujui pembajakan software'. Pokoknya, biarpun software untuk membuat program kita bajakan, tapi software yang kita buat bukan bajakan, dan tidak akan ditemui bajakannya. Jadi untuk para client, silahkan beli software kita dengan harga original. Karena itu, salah satu prinsip saya adalah yang saja jual adalah jasa, bukan software. Kalau software, banyak tuh, bajakannya di mangga dua. Tapi kalau jasa saya, gak ada bajakannya kan? ;)

Terlepas dari itu semua, selamat menikmati VFP9. Jangan lupa pelajari Report Listener dan jangan ragu menggunakan SQL query. Engine SQL query di VFP9 sudah di tulis ulang dan di optimasi lebih baik lagi, jadi kecepatannya juga semakin baik. Nikmati juga dokumentasi yang punya layout lebih manis, juga PEM window yang lebih manis dengan customize font dan multi color-nya. Pendek kata; Enjoy!

Regards,
Foxy

3 comments:

Anonymous said...

Bajakan ?...It's Ok
Original ?...Punya isi Kocek berapa?
Argumen saya,
1. Ref : Hukum Karma,
Sekarang kita membajak, besok kita dibajak
2. Sistim Kesetimbangan Alam :
Mau dijual mahal juga mau beli harga Mahal

Armen Sakti

Anonymous said...

betul pisan!
kita perlu menggunakan yang original. Kalau selama ini kita mencintai vfp (yg sudah memberikan materi kepada kita) kenapa tidak kita juga memberikan penghargaan buat tim devel vfp dengan cara membeli originalnya.
Setuju ??

Bandung, Dago
10:00 AM

Anonymous said...

Saya setuju bgt ma sofware asli VFP 9.0 kalau boleh tahu brp harganya?? n beli dmn? maklum saya masih awam ............
terima kasih